Dalam pendahuluan tersebut berisi tentang "Learning and teaching have been integrated by technology measuring an effective tool and platform to connect student’s learning style." terdapat pada line pertama dalam artikel tersebut dalam pendahuluan artikel tersebut membahas tentang penting nya teknologi untuk mengetahui gaya belajar siswa, sebagai pendidik kita harus mengamati siswa melalui gaya belajar untuk meyesuaikan dengan pembelajaran di kelas dan mengakomodasi teknologi dengan gaya belajar yang unik pada setiap siswa karena semua siswa memiliki gaya dan metode belajar yang berbeda
"Educators must observe student by student’s learning style to adjust to style and
learning methodology in the classroom. Educators are allowed to accommodate technology to the unique learning
styles in each students now that all students have different learning style and method" inti dari kalimat pada paragraf awal pendahuluan diatas ialah, seorang pendidik harus memahami gaya belajar siswanya sebelum ia melakukan pengajaran di kelas, agar kegiatan belajar mengajar dapat difahami siswa dengan baik.
Dalam artikel yang berjudul "Elevating English Assessment with MagicSchool.ai in Indonesian Language Learning Context" garis besar pendahuluan tedapat pada: "However, the evaluating and assessing English language sometimes cannot be conducted easily and call the educators to use Artificial Intelligence that can save time, energy and money. In generative Artificial Intelligence, there is MagicSchool.ai facilitating educators to make and conduct the assessment as easy as possible". Pada paragraf 2 line 6-8, karena menggambarkan garis besarnya, tenaga pendidik dalam mengoreksi dan mengevaluasi itu tidak mudah, maka harus menggunakan kecerdasan buatan yaitu magicschool.ai.
Dalam pendahuluan di artikel ini menjelaskan pentingnya teknologi dalam menghubungkan gaya belajar siswa. "Learning and teaching have been integrated by technology measuring an effective tool and platform to connect student’s learning style." (Baris 1) Kebutuhan pendidik untuk mengamati gaya belajar siswa. "Educators must observe student by student’s learning style to adjust to style and learning methodology in the classroom." (Baris 2) Berbagai bentuk penilaian bahasa Inggris, termasuk penggunaan kecerdasan buatan. "The present today, English language assessment may be conducted in many forms, one of them is using the integration of technology/digital revolution or formerly known as Artificial Intelligence." (Baris 7) Peran AI dalam membantu evaluasi dan penilaian bahasa Inggris. "In generative Artificial Intelligence, there is MagicSchool.ai facilitating educators to make and conduct the assessment as easy as possible." (Baris 10)
Pentingnya teknologi dalam pendidikan terletak pada kemampuannya untuk menghubungkan gaya belajar siswa dengan metode pengajaran yang lebih efektif. Teknologi memungkinkan pendidik untuk mengamati dan menyesuaikan pendekatan sesuai dengan gaya belajar individu siswa. Dalam penilaian bahasa Inggris, kecerdasan buatan AI menawarkan berbagai bentuk evaluasi yang dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa. AI juga membantu dalam proses evaluasi, seperti yang terlihat pada platform MagicSchool.ai, yang menyederhanakan penilaian bagi pendidik.
Paragraf pertama: Line pertama: pembelajaran dan pengajaran telah diintegrasikan oleh teknologi yang mengukur platform yang efektif. (Learning and teaching have been integrated by technology measuring an effective tool and platform to connect student’s learning style). Line kedua: pendidik harus mengamati siswa berdasarkan gaya belajar siswa untuk menyesuaikan dengan gaya dan metodologi pembelajaran di kelas. (Educators must observe student by student’s learning style to adjust to style andlearning methodology in the classroom). Jadi pada paragraf pertama line 1-2, menjelaskan bahwa pembelajaran dan pengajaran kini telah terintegrasi dengan teknologi yang mendukung platform efektif untuk proses belajar-mengajar. Pendidik juga harus mengamati gaya belajar siswa secara cermat agar dapat menyesuaikan metode dan strategi pengajaran di kelas, sehingga sesuai dengan kebutuhan dan preferensi siswa.
Paragraf kedua: Line pertama: kecerdasan buatan menjadi saksi munculnya berbagai alat dan teknologi inovatif dalam dunia pendidikan, khususnya dalam mengevaluasi dan menilai keterampilan bahasa Inggris. (Artificial Intelligence is the witness of the emergence of innovative tools and technologies in education, especially in evaluating and assessing English language skills. English language classroom should not ignore in language assessing). Line keempat: dalam Kecerdasan Buatan generatif, terdapat MagicSchool.ai yang memfasilitasi para pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian semudah mungkin. Untuk mengatasi kesenjangan penelitian, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai membantu para pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian. (In generative Artificial Intelligence, there is MagicSchool.ai facilitating educators to make and conduct the assessment as easy as possible. To address the research gap, this research explores how MagicSchool.ai assists the educators to make and conduct the assessment). Jadi dalam paragraf kedua menjelaskan bahwa AI telah memfasilitasi munculnya berbagai alat dan teknologi inovatif dalam dunia pendidikan. Dalam Kecerdasan buatan generatif, terdapat MagicSchool.ai yang memudahkan para pendidik dalam merancang dan melaksanakan penilaian dengan lebih efisien. Untuk mengatasi kesenjangan penelitian, studi ini mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai dapat mendukung pendidik dalam proses pembuatan dan pelaksanaan penilaian.
Dalam pendahuluan pada artikel ini berisi: 1). Integrasi teknologi dalam pembelajaran dan pengajaran (baris pertama hingga ketiga) Paragraf dimulai dengan membahas integrasi teknologi ke dalam pengajaran dan pembelajaran, menunjukan pentingnya teknologi sebagai alat yang efektif untuk memenuhi gaya belajar siswa yang berbeda, dalam hal ini pendidik perlu mengamati gaya belajar siswa dan menyesuaikan metode pengajarannya dan teknologi dipandang sebagai sarana untuk mengakomodasi gaya belajar yang beragam, dimana setiap siswa memiliki metode belajar yang unik dan berbeda (Baris 2–3)
2). Manfaat mengidentifikasi gaya belajar (Baris Keempat sampai Keenam) pada paragraf ini berisi tentang mengidentifikasi gaya belajar siswa bagi pendidik, mengenali gaya belajar membantu dalam merancang rencana pembelajaran dan materi pengajaran secara efektif (Baris 4–6)
3). Peran Teknologi dalam Penilaian Bahasa Inggris (Baris Ketujuh hingga Keduabelas) dalam teks pada paragraf ini menekankan bahwa penilaian bahasa Inggris dapat ditingkatkan dengan integrasi teknologi, khususnya kecerdasan buatan atau (AI) karena dapat menghemat waktu, tenaga, dan sumber daya bagi pendidik (Baris 10–12). dan MagicSchool.ai diperkenalkan sebagai alat AI generatif yang memfasilitasi pembuatan dan pelaksanaan penilaian bagi para pendidik dengan lebih mudah.
Artikel yang berjudul Elevating English Assessment with MagicSchool.ai in Indonesian Language Learning Context menggarisbawahi peran penting teknologi, terutama kecerdasan buatan, dalam dunia pendidikan. Di bagian pendahuluan, artikel ini menyoroti bahwa integrasi teknologi mendukung proses pembelajaran dan pengajaran dengan lebih efektif. Penerapan teknologi tersebut memungkinkan pengajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa, sehingga pendidik dapat mengadaptasi metode pengajaran dan menggunakan alat digital untuk memperkaya pengalaman belajar. Pada paragraf ke 2 line 1-4 "Artificial Intelligence is the witness of the emergence of innovative tools and technologies in education, especially in evaluating and assessing English language skills. English language classroom should not ignore in language assessing. Evaluating and assessing are the important requirement as standardized learning activity in the classroom (Saud & Arabia, n.d.)." Dalam kalimat ini ada beberapa poin utama yang diangkat mencakup peran kecerdasan buatan dalam pendidikan, khususnya dalam penilaian bahasa Inggris: 1. Kalimat "Artificial Intelligence is the witness of the emergence of innovative tools and technologies in education, especially in evaluating and assessing English language skills." menunjukkan bahwa AI tidak hanya berfungsi, tetapi juga memegang peranan penting dalam pengembangan berbagai alat baru di bidang pendidikan. AI digambarkan sebagai penggerak utama dalam inovasi teknologi pendidikan. 2. Kalimat "English language classroom should not ignore in language assessing" menekankan pentingnya penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris, menunjukkan bahwa penilaian di kelas bahasa Inggris memerlukan perhatian khusus dan tidak boleh diabaikan. 3. Kalimat "Evaluating and assessing are the important requirement as standardized learning activity in the classroom" memperkuat argumen sebelumnya bahwa evaluasi dan penilaian adalah komponen esensial dalam kegiatan pembelajaran standar.
1. Pendahuluan Umum tentang Teknologi dan Gaya Belajar (Baris 1-9)
Pembelajaran dan pengajaran telah diintegrasikan oleh teknologi yang mengukur alat dan platform yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa. Pendidik harus mengamati siswa berdasarkan gaya belajar siswa untuk menyesuaikan dengan gaya dan metodologi pembelajaran di kelas. Pendidik diizinkan untuk mengakomodasi teknologi dengan gaya belajar yang unik pada setiap siswa sekarang karena semua siswa memiliki gaya dan metode belajar yang berbeda (Bernard et al., 2017). Mengidentifikasi gaya belajar siswa memiliki beberapa manfaat bagi siswa dan tentu saja bagi pendidik juga. Bagi siswa, mereka akan menyadari kelemahan dan keanehan mereka saat mereka belajar. Bagi pendidik, mereka akan belajar bagaimana menerapkan metodologi di kelas berdasarkan gaya belajar siswa untuk memudahkan dalam membuat rencana pelajaran dan memberikan materi di kelas. Selain itu, mereka juga mudah mengumpulkan informasi dan sumber daya pengajaran yang berbeda dalam melakukan penilaian di kelas.
2. Peran Kecerdasan Buatan dalam Penilaian Bahasa Inggris (Baris 10-19)
Saat ini, penilaian bahasa Inggris dapat dilakukan dalam banyak bentuk, salah satunya adalah dengan menggunakan integrasi teknologi/revolusi digital atau yang sebelumnya dikenal sebagai Kecerdasan Buatan.
Kecerdasan Buatan menjadi saksi munculnya berbagai alat dan teknologi inovatif dalam dunia pendidikan, khususnya dalam mengevaluasi dan menilai keterampilan bahasa Inggris. Kelas bahasa Inggris tidak boleh diabaikan dalam penilaian bahasa. Mengevaluasi dan menilai merupakan persyaratan penting sebagai aktivitas pembelajaran standar di kelas (Saud & Arabia, t.t.). Lebih jauh lagi, peningkatan keterampilan bahasa pada pembelajar bahasa telah dibuktikan oleh banyak penelitian dan pembelajaran dan pengajaran terpadu dapat digunakan secara efektif (Rabbi et al., 2024). Akan tetapi, mengevaluasi dan menilai bahasa Inggris terkadang tidak dapat dilakukan dengan mudah dan memanggil para pendidik untuk menggunakan Kecerdasan Buatan yang dapat menghemat waktu, tenaga, dan uang.
3. Penggunaan MagicSchool.ai dalam Membantu Penilaian (Baris 20-24)
Dalam Kecerdasan Buatan generatif, terdapat MagicSchool.ai yang memfasilitasi para pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian semudah mungkin. Untuk mengatasi kesenjangan penelitian, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai membantu para pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian.
4. Kerangka Teoretis dan Pertanyaan Penelitian (Baris 25-33)
Studi ini mengadopsi kerangka kerja yang diusulkan oleh Swiecki (Swiecki et al., 2022) yang membahas kesulitan pendidik dalam merancang dan menerapkan penilaian. Model ini dipilih karena penilaian telah banyak berubah karena penggunaan Kecerdasan Buatan secara masif (Richardson & Clesham, 2021). Studi ini membahas pertanyaan penelitian berikut:
● Bagaimana kita dapat menggunakan MagicSchool.ai secara efektif untuk mendukung praktik dengan lebih baik? ● Apa saja dampak penggunaan MagicSchool.ai dalam meningkatkan penilaian?
pada bagian pendahuluan artikel ini membahas tentang: 1. pada pendahuluan ini mulai dengan membahas pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran dan pengajaran, khususnya untuk menghubungkan gaya belajar siswa. Pemaparan ini relevan, karena menunjukkan kebutuhan untuk memanfaatkan teknologi dalam konteks keberagaman gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Dengan menyebutkan bahwa semua siswa memiliki gaya dan metode belajar yang unik (Bernard et al., 2017), pendahuluan ini memberikan dasar untuk pembahasan lebih lanjut mengenai bagaimana teknologi bisa menjadi alat yang efektif dalam mendukung pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. 2. bagian pendahuluan ini cukup baik dalam menyampaikan ide tentang pentingnya penilaian bahasa dalam kelas bahasa Inggris dan bagaimana Kecerdasan Buatan (AI) dapat menjadi solusi untuk tantangan tersebut. Namun, ada beberapa area yang bisa diperbaiki atau diperjelas untuk meningkatkan kualitas dan kejelasan pendahuluan tersebut. bagian ini mengenalkan MagicSchool.ai sebagai alat yang dapat membantu pendidik dalam membuat dan melakukan penilaian. Akan lebih baik jika sedikit dijelaskan mengenai fitur dan fungsi utama MagicSchool.ai. 3. bagian ini menyebutkan bahwa penelitian mengadopsi kerangka kerja Swiecki et al. (2022), tetapi tidak dijelaskan secara rinci apa itu kerangka kerja tersebut atau bagaimana relevansinya dengan konteks penelitian ini. Sebaiknya ada sedikit penjelasan tambahan mengenai apa yang dimaksud dengan kerangka kerja ini, misalnya bagaimana model ini membantu pendidik menghadapi tantangan dalam merancang penilaian, dan bagaimana penerapan AI dapat dipadukan dengan kerangka tersebut.
Menurut saya, di dalam artikel tersebut bagian pendahuluan yang di sajikan sangatlah relevan dan sesuai dengan kondisi objektif hari ini, yang mana kecerdasan buatan atau perkembangan teknologi tidak dapat terbendung, maka dengan itu kita sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) harus ikut serta memainkan peranannya. Dimana kita perlu mengintegrasikan teknologi dengan kehidupan sehari-hari atau memanfaatkan segala bentuk teknologi guna menunjang efektivitas dalam menunjang kebutuhan-kebutuhan.
1. Seperti di bagian baris 1-3 dalam paragraf (ke-1) yang tercantum itu sangat relevan, karena pendahuluan yang disajikan sangat objektif. Dengan demikian hadirnya kecerdasan buatan tersebut dapat menunjang efektivitas gaya belajar siswa/i sehingga gaya belajar lebih kreatif dan inovatif
2. Dan pada paragraf (ke-2) baris ke 2-3, terkait dengan Evaluasi dalam berbahasa Inggris, hal ini juga relevan terkadang kita bisa berbahasa Inggris akan tetapi, belum bisa mengintegrasikan dengan teknologi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, hal ini juga sesuai dengan kondisi objektif yang tercantum di dalam artikel tersebut, tentunya kita sebagai pendidik perlu adanya integrasi teknologi dalam meningkatkan keterampilan gaya belajar siswa dan meningkatkan produktivitas, adanya penggunaan sumber daya yang efisien serta evaluasi yang menjadi barometer keberhasilan melalui kecerdasan buatan tersebut.
Menurut saya dalam pendahuluan artikel tersebut sangat relevan karena dari awal pendahuluan hingga paragraf akhir itu saling berkaitan tentang Pembelajaran dan pengajaran yang telah diintegrasikan oleh teknologi yang mengukur alat dan platform yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa. Pendidik harus mengamati siswa berdasarkan gaya belajar siswa untuk menyesuaikan dengan gaya dan metodologi pembelajaran di kelas. Pendidik diizinkan untuk mengakomodasi teknologi dengan gaya belajar yang unik pada setiap siswa sekarang karena semua siswa memiliki gaya dan metode belajar yang berbeda.belajar siswa memiliki beberapa manfaat bagi siswa dan tentu saja bagi pendidik juga. Bagi siswa, mereka akan menyadari kelemahan dan keanehan mereka saat mereka belajar. untuk memudahkan belajar siswa dalam membuat rencana pelajaran dan memberikan materi di kelas. Selain itu, mereka juga mudah mengumpulkan informasi dan sumber daya pengajaran yang berbeda dalam melakukan penilaian di kelas.
Pendahuluan dalam teks ini membahas bagaimana teknologi, terutama kecerdasan buatan (AI), telah diintegrasikan ke dalam pendidikan untuk mendukung proses pengajaran dan penilaian, terutama dalam pengajaran bahasa Inggris. Teknologi, seperti platform AI MagicSchool.ai, disebut sebagai alat penting yang dapat membantu pendidik dalam mengevaluasi kemampuan siswa secara lebih efisien dan akurat. Latar belakang dalam teks ini menunjukkan pentingnya mengidentifikasi gaya belajar siswa dan menyesuaikan pendekatan pendidikan berdasarkan gaya tersebut agar lebih efektif. pendahuluan ini juga mengemukakan bahwa AI dapat membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas penilaian. Dengan memanfaatkan alat AI, pendidik dapat lebih mudah membuat penilaian yang sesuai dengan kebutuhan kelas, menghemat waktu, dan memastikan bahwa penilaian tersebut relevan serta memenuhi standar validitas dan reliabilitas.
Dalam pendahuluan artikel ini menjelaskan pentingnya tekonologi dalam gaya belajar siswa. 1)."Pembelajaran dan pengajaran telah diintegrasikan oleh teknologi yang mengukur alat dan platform yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa." (Bagian Paragraf 1 baris pertama)
2)."Pendidik harus mengamati siswa berdasarkan gaya belajar siswa untuk menyesuaikan dengan gaya dan metodologi pembelajaran di kelas." (Bagian paragraf 1 baris ke 2) 3)."Identifikasi gaya belajar siswa memiliki beberapa manfaat bagi siswa dan tentu saja bagi pendidik juga." (Bagian paragraf 1 baris ke 5)
Artikel ini membahas integrasi teknologi, khususnya Kecerdasan Buatan (AI), dalam pendidikan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Pendidik diharapkan mengidentifikasi gaya belajar siswa agar dapat menyesuaikan metode pengajaran. MagicSchool.ai diperkenalkan sebagai alat yang memudahkan pendidik dalam merancang dan melaksanakan penilaian, serta memberikan umpan balik yang personal. Kerangka kerja yang diadopsi dari Swiecki menyoroti tantangan yang dihadapi pendidik dalam penilaian, terutama dengan perubahan akibat penggunaan AI. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas MagicSchool.ai dalam membantu pendidik.
MagicSchool.ai dapat digunakan secara efektif dengan memanfaatkan fitur-fitur canggihnya, seperti "perencanaan pembelajaran" yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, "pembuatan rubrik penilaian", dan "umpan balik otomatis" untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dampak penggunaannya mencakup peningkatan efisiensi dalam pengajaran, pengurangan beban kerja guru, serta peningkatan keterlibatan dan prestasi siswa melalui pengalaman belajar yang lebih personal dan adaptif. Dengan demikian, MagicSchool.ai berkontribusi signifikan dalam meningkatkan penilaian dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.
Pada bagian pendahuluan, menjelaskan tentang pentingnya integrasi teknologi, khususnya Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), dalam proses pembelajaran dan pengajaran. dalam artikel ini juga dijelaskan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa dan membantu pendidik dalam menyesuaikan metodologi pengajaran. meskipun penilaian bahasa Inggris dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, penggunaan teknologi, termasuk AI, dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam melakukan penilaian. Dalam rumusan masalah dalam pendahuluan yang dibahas dalam artikel ini, terdapat dua pertanyaan penelitian utama yang menjadi fokus:
1. Bagaimana cara menggunakan MagicSchool.ai secara efektif untuk mendukung praktik pengajaran? - Pertanyaan ini mengarah pada eksplorasi tentang bagaimana platform MagicSchool.ai dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam proses penilaian, serta bagaimana teknologi ini dapat diintegrasikan ke dalam metodologi pengajaran yang ada.
2. Apa saja efek penggunaan MagicSchool.ai dalam meningkatkan penilaian? - Pertanyaan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan MagicSchool.ai terhadap proses penilaian, termasuk aspek-aspek seperti efisiensi waktu, energi, dan biaya dalam melakukan penilaian bahasa Inggris di konteks pembelajaran di Indonesia, khususnya dalam kerangka Kurikulum Merdeka.
Kedua pertanyaan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan tantangan yang dihadapi pendidik dalam menggunakan teknologi AI dalam penilaian, serta untuk memahami bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman belajar dan mengajar.
Bagian pendahuluan artikel ini menjelaskan tentang peran penting teknologi, khususnya Kecerdasan Buatan (AI), dalam meningkatkan proses pembelajaran dan penilaian bahasa Inggris di kelas. Penulis menyoroti bahwa teknologi dapat membantu pendidik dalam mengumpulkan informasi dan menyesuaikan metode pengajaran dengan gaya belajar siswa yang berbeda. Penilaian dianggap sebagai komponen krusial untuk mengukur pemahaman siswa, dan penggunaan alat seperti MagicSchool.ai dapat mempermudah proses tersebut. Penulis juga mencatat bahwa meskipun penilaian bahasa Inggris dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, integrasi teknologi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penilaian.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam artikel ini terdiri dari dua pertanyaan penelitian utama:
1. Bagaimana cara menggunakan MagicSchool.ai secara efektif untuk mendukung praktik pengajaran? - Pertanyaan ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara pendidik dapat memanfaatkan MagicSchool.ai dalam proses penilaian dan pengajaran.
2. Apa saja efek penggunaan MagicSchool.ai dalam meningkatkan penilaian? - Pertanyaan ini berfokus pada dampak penggunaan MagicSchool.ai terhadap proses penilaian, termasuk efisiensi waktu, energi, dan biaya dalam penilaian bahasa Inggris di konteks pembelajaran di Indonesia, khususnya dalam kerangka Kurikulum Merdeka.
Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai dapat membantu pendidik dalam membuat dan melaksanakan penilaian, serta untuk memahami dampak dari penggunaan alat ini dalam konteks pendidikan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan yang dihadapi pendidik dalam menggunakan teknologi AI untuk penilaian, serta untuk memberikan wawasan tentang bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman belajar dan mengajar.
Pendahuluan dalam artikel ini mencakup beberapa poin utama berikut:
1. Pengintegrasian Teknologi dalam Pendidikan: Teknologi dimanfaatkan untuk mendukung gaya belajar siswa, dengan guru diharapkan memahami gaya belajar tersebut guna menyesuaikan metode serta sumber daya pembelajaran.
2. Manfaat Teknologi dalam Pendidikan: Teknologi membantu siswa dan guru mengenali kekuatan dan kelemahan siswa, sekaligus mempermudah proses perancangan metode pembelajaran dan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan individu.
3. Peran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence): AI digunakan sebagai alat inovatif untuk mengevaluasi dan menilai keterampilan, terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris. Contohnya, MagicSchool.ai memungkinkan guru menghemat waktu, tenaga, dan biaya dalam proses penilaian.
4. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penggunaan MagicSchool.ai dalam mendukung pengajaran serta dampaknya terhadap penilaian di kelas bahasa Inggris.
5. Pertanyaan Penelitian: - Bagaimana MagicSchool.ai dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mendukung praktik pengajaran? - Apa dampak penggunaan MagicSchool.ai terhadap peningkatan kualitas penilaian?
Bagian pendahuluan artikel ini membahas integrasi teknologi, khususnya Kecerdasan Buatan (AI), dalam proses pembelajaran dan penilaian bahasa Inggris. Penulis menekankan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa, sehingga pendidik dapat menyesuaikan metode pengajaran mereka. Penilaian dianggap sebagai komponen penting untuk mengukur pemahaman siswa, dan penggunaan alat seperti MagicSchool.ai dapat mempermudah proses penilaian tersebut. Penulis juga mencatat bahwa meskipun penilaian bahasa Inggris dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, integrasi teknologi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penilaian.
Rumusan Masalah
Dalam artikel ini, terdapat dua pertanyaan penelitian utama yang menjadi fokus:
1. **Bagaimana cara menggunakan MagicSchool.ai secara efektif untuk mendukung praktik pengajaran?** - Pertanyaan ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara pendidik dapat memanfaatkan MagicSchool.ai dalam proses penilaian dan pengajaran, serta bagaimana teknologi ini dapat diintegrasikan ke dalam metodologi pengajaran yang ada.
2. Apa saja efek penggunaan MagicSchool.ai dalam meningkatkan penilaian?* 3. - Pertanyaan ini berfokus pada dampak penggunaan MagicSchool.ai terhadap proses penilaian, termasuk efisiensi waktu, energi, dan biaya dalam melakukan penilaian bahasa Inggris di konteks pembelajaran di Indonesia, khususnya dalam kerangka Kurikulum Merdeka.
Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai dapat membantu pendidik dalam membuat dan melaksanakan penilaian, serta untuk memahami dampak dari penggunaan alat ini dalam konteks pendidikan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan yang dihadapi pendidik dalam menggunakan teknologi AI untuk penilaian, serta untuk memberikan wawasan tentang bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman belajar dan mengajar.
Kesimpulan
Secara keseluruhan, pendahuluan artikel ini menekankan pentingnya teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam penilaian bahasa Inggris. Rumusan masalah yang diajukan mengarahkan penelitian untuk mengeksplorasi penggunaan MagicSchool.ai dan dampaknya, sementara tujuan penelitian berfokus pada peningkatan praktik pengajaran dan penilaian melalui teknologi.
1. Teori Gaya Belajar (Learning Styles Theory) – Bernard et al. (2017) Artikel ini mengacu pada pentingnya mengenali dan mengakomodasi gaya belajar individu siswa.
2. Teori Penilaian Formatif dan Sumatif – Douglas (2004) Penilaian dalam pendidikan dibagi menjadi dua bentuk utama: formatif (untuk evaluasi selama proses pembelajaran) dan sumatif (untuk evaluasi akhir).
3. Teori Validitas dan Reliabilitas – Douglas (2004) dan Fulcher & Davidson (n.d.) Konsep validitas (kesesuaian alat ukur dengan tujuan penilaian) dan reliabilitas (konsistensi hasil penilaian) diangkat dalam artikel sebagai kriteria penting dalam merancang penilaian yang efektif.
4. Teori Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran – Jong & Hua (2021) Artikel menghubungkan penggunaan teknologi, termasuk kecerdasan buatan (AI), sebagai alat pendukung pembelajaran dan penilaian.
5. Konsep Pengajaran Berbasis Kecerdasan Buatan (AI in Education) – MagicSchool.ai Artikel memperkenalkan MagicSchool.ai sebagai platform berbasis AI yang membantu guru dalam berbagai aspek pembelajaran, seperti merancang penilaian dan menghemat waktu.
Pembelajaran dan pengajaran telah terintegrasi dengan teknologi yang mengukur alat dan platform yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa. Pendidik harus mengamati gaya belajar siswa berdasarkan siswa untuk menyesuaikan dengan gaya dan metodologi pembelajaran di kelas. Pendidik diperbolehkan untuk mengakomodasi teknologi dengan gaya belajar yang unik pada setiap siswa sekarang karena semua siswa memiliki gaya dan metode belajar yang berbeda (Bernard et al., 2017). Mengidentifikasi gaya belajar siswa memiliki beberapa manfaat bagi siswa dan tentunya bagi pendidik juga. Bagi siswa, mereka akan menyadari kelemahan dan keanehan mereka saat mereka belajar. Bagi pendidik, mereka akan belajar bagaimana menerapkan metodologi di kelas berdasarkan gaya belajar siswa agar mudah dalam membuat RPP dan memberikan materi di kelas. Selain itu, mereka juga mudah mengumpulkan informasi dan sumber daya pengajaran yang berbeda dalam melakukan penilaian di kelas. Saat ini, penilaian bahasa Inggris dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah menggunakan integrasi teknologi/revolusi digital atau sebelumnya dikenal dengan Kecerdasan Buatan.
Kecerdasan Buatan menjadi saksi munculnya alat dan teknologi inovatif dalam pendidikan, terutama dalam mengevaluasi dan menilai kemampuan bahasa Inggris. Kelas bahasa Inggris tidak boleh diabaikan dalam penilaian bahasa. Mengevaluasi dan menilai adalah persyaratan penting sebagai kegiatan pembelajaran standar di kelas (Saud & Arabia, n.d.). Selain itu, peningkatan keterampilan bahasa pada pembelajar bahasa telah ditunjukkan oleh penelitian yang tak terhitung jumlahnya dan pembelajaran dan pengajaran terpadu dapat dimanfaatkan secara efektif (Rabbi et al., 2024). Namun, evaluasi dan penilaian bahasa Inggris terkadang tidak dapat dilakukan dengan mudah dan memanggil pendidik untuk menggunakan Kecerdasan Buatan yang dapat menghemat waktu, energi, dan uang. Dalam Kecerdasan Buatan generatif, ada MagicSchool.ai memfasilitasi pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian semudah mungkin. Untuk mengatasi kesenjangan penelitian, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai membantu pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian.
Studi ini mengadopsi kerangka kerja yang diusulkan oleh Swiecki (Swiecki et al., 2022) yang mempromosikan kesulitan pendidik untuk merancang dan mengimplementasikan penilaian. Model ini dipilih karena penilaian telah sangat berubah karena penggunaan Kecerdasan Buatan secara besar-besaran (Richardson & Clesham, 2021).
Pendahuluan ini membahas peran teknologi, khususnya kecerdasan buatan (AI), dalam mendukung pembelajaran dan pengajaran, dengan fokus pada evaluasi dan penilaian dalam kelas bahasa Inggris. Dengan ini saya menganalisiskan beberapa point sebagai berikut : 1. Pendahuluan dimulai dengan menjelaskan pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa. Hal ini memberikan latar belakang yang relevan dan mencerminkan tren terkini dalam pendidikan. 2. Penekanan pada penggunaan AI, seperti MagicSchool.ai, dalam penilaian bahasa Inggris menunjukkan fokus pada solusi praktis untuk tantangan yang dihadapi pendidik. Ini juga mendukung inovasi di bidang pengajaran. 3. Pendahuluan mengidentifikasi tantangan dalam proses evaluasi bahasa Inggris, termasuk kebutuhan untuk efisiensi waktu, tenaga, dan sumber daya. Hal ini menciptakan landasan yang kuat untuk penelitian. 4. Dilengkapi dengan beberapa landasan teori mengenai kecerdasan buatan yang sangat berpengaruh dalam peningkatan kemampuan belajar bahasa seperti Bernard et al. (2017), Saud & Arabia (n.d.), dan Swiecki et al. (2022), pendahuluan menunjukkan bahwa argumen didasarkan pada literatur yang relevan.
ReplyDeleteDalam pendahuluan tersebut berisi tentang
"Learning and teaching have been integrated by technology measuring an effective tool and platform to connect student’s learning style."
terdapat pada line pertama dalam artikel tersebut dalam pendahuluan artikel tersebut membahas tentang penting nya teknologi untuk mengetahui gaya belajar siswa, sebagai pendidik kita harus mengamati siswa melalui gaya belajar untuk meyesuaikan dengan pembelajaran di kelas dan mengakomodasi teknologi dengan gaya belajar yang unik pada setiap siswa karena semua siswa memiliki gaya dan metode belajar yang berbeda
"Educators must observe student by student’s learning style to adjust to style and
ReplyDeletelearning methodology in the classroom. Educators are allowed to accommodate technology to the unique learning
styles in each students now that all students have different learning style and method"
inti dari kalimat pada paragraf awal pendahuluan diatas ialah, seorang pendidik harus memahami gaya belajar siswanya sebelum ia melakukan pengajaran di kelas, agar kegiatan belajar mengajar dapat difahami siswa dengan baik.
Dalam artikel yang berjudul "Elevating English Assessment with MagicSchool.ai in Indonesian Language Learning Context" garis besar pendahuluan tedapat pada:
ReplyDelete"However, the evaluating and assessing English language sometimes cannot be conducted easily and call the educators to use Artificial Intelligence that can save time, energy and money. In generative Artificial Intelligence, there is MagicSchool.ai facilitating educators to make and conduct the assessment as easy as possible".
Pada paragraf 2 line 6-8, karena menggambarkan garis besarnya, tenaga pendidik dalam mengoreksi dan mengevaluasi itu tidak mudah, maka harus menggunakan kecerdasan buatan yaitu magicschool.ai.
Dalam pendahuluan di artikel ini menjelaskan pentingnya teknologi dalam menghubungkan gaya belajar siswa.
ReplyDelete"Learning and teaching have been integrated by technology measuring an effective tool and platform to connect student’s learning style." (Baris 1)
Kebutuhan pendidik untuk mengamati gaya belajar siswa.
"Educators must observe student by student’s learning style to adjust to style and learning methodology in the classroom." (Baris 2)
Berbagai bentuk penilaian bahasa Inggris, termasuk penggunaan kecerdasan buatan.
"The present today, English language assessment may be conducted in many forms, one of them is using the integration of technology/digital revolution or formerly known as Artificial Intelligence." (Baris 7)
Peran AI dalam membantu evaluasi dan penilaian bahasa Inggris.
"In generative Artificial Intelligence, there is MagicSchool.ai facilitating educators to make and conduct the assessment as easy as possible." (Baris 10)
Pentingnya teknologi dalam pendidikan terletak pada kemampuannya untuk menghubungkan gaya belajar siswa dengan metode pengajaran yang lebih efektif. Teknologi memungkinkan pendidik untuk mengamati dan menyesuaikan pendekatan sesuai dengan gaya belajar individu siswa. Dalam penilaian bahasa Inggris, kecerdasan buatan AI menawarkan berbagai bentuk evaluasi yang dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa. AI juga membantu dalam proses evaluasi, seperti yang terlihat pada platform MagicSchool.ai, yang menyederhanakan penilaian bagi pendidik.
Paragraf pertama:
ReplyDeleteLine pertama: pembelajaran dan pengajaran telah diintegrasikan oleh teknologi yang mengukur platform yang efektif. (Learning and teaching have been integrated by technology measuring an effective tool and platform to connect student’s learning style).
Line kedua: pendidik harus mengamati siswa berdasarkan gaya belajar siswa untuk menyesuaikan dengan gaya dan metodologi pembelajaran di kelas. (Educators must observe student by student’s learning style to adjust to style andlearning methodology in the classroom).
Jadi pada paragraf pertama line 1-2, menjelaskan bahwa pembelajaran dan pengajaran kini telah terintegrasi dengan teknologi yang mendukung platform efektif untuk proses belajar-mengajar. Pendidik juga harus mengamati gaya belajar siswa secara cermat agar dapat menyesuaikan metode dan strategi pengajaran di kelas, sehingga sesuai dengan kebutuhan dan preferensi siswa.
Paragraf kedua:
Line pertama: kecerdasan buatan menjadi saksi munculnya berbagai alat dan teknologi inovatif dalam dunia pendidikan, khususnya dalam mengevaluasi dan menilai keterampilan bahasa Inggris. (Artificial Intelligence is the witness of the emergence of innovative tools and technologies in education, especially in evaluating and assessing English language skills. English language classroom should not ignore in language assessing).
Line keempat: dalam Kecerdasan Buatan generatif, terdapat MagicSchool.ai yang memfasilitasi para pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian semudah mungkin. Untuk mengatasi kesenjangan penelitian, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai membantu para pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian. (In generative Artificial
Intelligence, there is MagicSchool.ai facilitating educators to make and conduct the assessment as easy as possible. To address the research gap, this research explores how MagicSchool.ai assists the educators to make and conduct the assessment).
Jadi dalam paragraf kedua menjelaskan bahwa AI telah memfasilitasi munculnya berbagai alat dan teknologi inovatif dalam dunia pendidikan. Dalam Kecerdasan buatan generatif, terdapat MagicSchool.ai yang memudahkan para pendidik dalam merancang dan melaksanakan penilaian dengan lebih efisien. Untuk mengatasi kesenjangan penelitian, studi ini mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai dapat mendukung pendidik dalam proses pembuatan dan pelaksanaan penilaian.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteDalam pendahuluan pada artikel ini berisi:
ReplyDelete1). Integrasi teknologi dalam pembelajaran dan pengajaran (baris pertama hingga ketiga)
Paragraf dimulai dengan membahas integrasi teknologi ke dalam pengajaran dan pembelajaran, menunjukan pentingnya teknologi sebagai alat yang efektif untuk memenuhi gaya belajar siswa yang berbeda, dalam hal ini pendidik perlu mengamati gaya belajar siswa dan menyesuaikan metode pengajarannya dan teknologi dipandang sebagai sarana untuk mengakomodasi gaya belajar yang beragam, dimana setiap siswa memiliki metode belajar yang unik dan berbeda (Baris 2–3)
2). Manfaat mengidentifikasi gaya belajar (Baris Keempat sampai Keenam)
pada paragraf ini berisi tentang mengidentifikasi gaya belajar siswa bagi pendidik, mengenali gaya belajar membantu dalam merancang rencana pembelajaran dan materi pengajaran secara efektif (Baris 4–6)
3). Peran Teknologi dalam Penilaian Bahasa Inggris (Baris Ketujuh hingga Keduabelas)
dalam teks pada paragraf ini menekankan bahwa penilaian bahasa Inggris dapat ditingkatkan dengan integrasi teknologi, khususnya kecerdasan buatan atau (AI) karena dapat menghemat waktu, tenaga, dan sumber daya bagi pendidik (Baris 10–12). dan MagicSchool.ai diperkenalkan sebagai alat AI generatif yang memfasilitasi pembuatan dan pelaksanaan penilaian bagi para pendidik dengan lebih mudah.
Artikel yang berjudul Elevating English Assessment with MagicSchool.ai in Indonesian Language Learning Context menggarisbawahi peran penting teknologi, terutama kecerdasan buatan, dalam dunia pendidikan. Di bagian pendahuluan, artikel ini menyoroti bahwa integrasi teknologi mendukung proses pembelajaran dan pengajaran dengan lebih efektif. Penerapan teknologi tersebut memungkinkan pengajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa, sehingga pendidik dapat mengadaptasi metode pengajaran dan menggunakan alat digital untuk memperkaya pengalaman belajar.
ReplyDeletePada paragraf ke 2 line 1-4
"Artificial Intelligence is the witness of the emergence of innovative tools and technologies in education,
especially in evaluating and assessing English language skills. English language classroom should not ignore in
language assessing. Evaluating and assessing are the important requirement as standardized learning activity in
the classroom (Saud & Arabia, n.d.)."
Dalam kalimat ini ada beberapa poin utama yang diangkat mencakup peran kecerdasan buatan dalam pendidikan, khususnya dalam penilaian bahasa Inggris:
1. Kalimat "Artificial Intelligence is the witness of the emergence of innovative tools and technologies in education, especially in evaluating and assessing English language skills." menunjukkan bahwa AI tidak hanya berfungsi, tetapi juga memegang peranan penting dalam pengembangan berbagai alat baru di bidang pendidikan. AI digambarkan sebagai penggerak utama dalam inovasi teknologi pendidikan.
2. Kalimat "English language classroom should not ignore in language assessing" menekankan pentingnya penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris, menunjukkan bahwa penilaian di kelas bahasa Inggris memerlukan perhatian khusus dan tidak boleh diabaikan.
3. Kalimat "Evaluating and assessing are the important requirement as standardized learning activity in the classroom" memperkuat argumen sebelumnya bahwa evaluasi dan penilaian adalah komponen esensial dalam kegiatan pembelajaran standar.
ANALISIS PENDAHULUAN
ReplyDelete1. Pendahuluan Umum tentang Teknologi dan Gaya Belajar (Baris 1-9)
Pembelajaran dan pengajaran telah diintegrasikan oleh teknologi yang mengukur alat dan platform yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa. Pendidik harus mengamati siswa berdasarkan gaya belajar siswa untuk menyesuaikan dengan gaya dan metodologi pembelajaran di kelas. Pendidik diizinkan untuk mengakomodasi teknologi dengan gaya belajar yang unik pada setiap siswa sekarang karena semua siswa memiliki gaya dan metode belajar yang berbeda (Bernard et al., 2017). Mengidentifikasi gaya belajar siswa memiliki beberapa manfaat bagi siswa dan tentu saja bagi pendidik juga. Bagi siswa, mereka akan menyadari kelemahan dan keanehan mereka saat mereka belajar. Bagi pendidik, mereka akan belajar bagaimana menerapkan metodologi di kelas berdasarkan gaya belajar siswa untuk memudahkan dalam membuat rencana pelajaran dan memberikan materi di kelas. Selain itu, mereka juga mudah mengumpulkan informasi dan sumber daya pengajaran yang berbeda dalam melakukan penilaian di kelas.
2. Peran Kecerdasan Buatan dalam Penilaian Bahasa Inggris (Baris 10-19)
Saat ini, penilaian bahasa Inggris dapat dilakukan dalam banyak bentuk, salah satunya adalah dengan menggunakan integrasi teknologi/revolusi digital atau yang sebelumnya dikenal sebagai Kecerdasan Buatan.
Kecerdasan Buatan menjadi saksi munculnya berbagai alat dan teknologi inovatif dalam dunia pendidikan, khususnya dalam mengevaluasi dan menilai keterampilan bahasa Inggris. Kelas bahasa Inggris tidak boleh diabaikan dalam penilaian bahasa. Mengevaluasi dan menilai merupakan persyaratan penting sebagai aktivitas pembelajaran standar di kelas (Saud & Arabia, t.t.). Lebih jauh lagi, peningkatan keterampilan bahasa pada pembelajar bahasa telah dibuktikan oleh banyak penelitian dan pembelajaran dan pengajaran terpadu dapat digunakan secara efektif (Rabbi et al., 2024). Akan tetapi, mengevaluasi dan menilai bahasa Inggris terkadang tidak dapat dilakukan dengan mudah dan memanggil para pendidik untuk menggunakan Kecerdasan Buatan yang dapat menghemat waktu, tenaga, dan uang.
3. Penggunaan MagicSchool.ai dalam Membantu Penilaian (Baris 20-24)
Dalam Kecerdasan Buatan generatif, terdapat MagicSchool.ai yang memfasilitasi para pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian semudah mungkin. Untuk mengatasi kesenjangan penelitian, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai membantu para pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian.
4. Kerangka Teoretis dan Pertanyaan Penelitian (Baris 25-33)
Studi ini mengadopsi kerangka kerja yang diusulkan oleh Swiecki (Swiecki et al., 2022) yang membahas kesulitan pendidik dalam merancang dan menerapkan penilaian. Model ini dipilih karena penilaian telah banyak berubah karena penggunaan Kecerdasan Buatan secara masif (Richardson & Clesham, 2021). Studi ini membahas pertanyaan penelitian berikut:
● Bagaimana kita dapat menggunakan MagicSchool.ai secara efektif untuk mendukung praktik dengan lebih baik?
● Apa saja dampak penggunaan MagicSchool.ai dalam meningkatkan penilaian?
pada bagian pendahuluan artikel ini membahas tentang:
ReplyDelete1. pada pendahuluan ini mulai dengan membahas pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran dan pengajaran, khususnya untuk menghubungkan gaya belajar siswa. Pemaparan ini relevan, karena menunjukkan kebutuhan untuk memanfaatkan teknologi dalam konteks keberagaman gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Dengan menyebutkan bahwa semua siswa memiliki gaya dan metode belajar yang unik (Bernard et al., 2017), pendahuluan ini memberikan dasar untuk pembahasan lebih lanjut mengenai bagaimana teknologi bisa menjadi alat yang efektif dalam mendukung pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa.
2. bagian pendahuluan ini cukup baik dalam menyampaikan ide tentang pentingnya penilaian bahasa dalam kelas bahasa Inggris dan bagaimana Kecerdasan Buatan (AI) dapat menjadi solusi untuk tantangan tersebut. Namun, ada beberapa area yang bisa diperbaiki atau diperjelas untuk meningkatkan kualitas dan kejelasan pendahuluan tersebut. bagian ini mengenalkan MagicSchool.ai sebagai alat yang dapat membantu pendidik dalam membuat dan melakukan penilaian. Akan lebih baik jika sedikit dijelaskan mengenai fitur dan fungsi utama MagicSchool.ai.
3. bagian ini menyebutkan bahwa penelitian mengadopsi kerangka kerja Swiecki et al. (2022), tetapi tidak dijelaskan secara rinci apa itu kerangka kerja tersebut atau bagaimana relevansinya dengan konteks penelitian ini. Sebaiknya ada sedikit penjelasan tambahan mengenai apa yang dimaksud dengan kerangka kerja ini, misalnya bagaimana model ini membantu pendidik menghadapi tantangan dalam merancang penilaian, dan bagaimana penerapan AI dapat dipadukan dengan kerangka tersebut.
Nama : JAKARIA
ReplyDeleteNIM : 221250033
TUGAS ANALISIS PENDAHULUAN ARTIKEL
Menurut saya, di dalam artikel tersebut bagian pendahuluan yang di sajikan sangatlah relevan dan sesuai dengan kondisi objektif hari ini, yang mana kecerdasan buatan atau perkembangan teknologi tidak dapat terbendung, maka dengan itu kita sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) harus ikut serta memainkan peranannya. Dimana kita perlu mengintegrasikan teknologi dengan kehidupan sehari-hari atau memanfaatkan segala bentuk teknologi guna menunjang efektivitas dalam menunjang kebutuhan-kebutuhan.
1. Seperti di bagian baris 1-3 dalam paragraf (ke-1) yang tercantum itu sangat relevan, karena pendahuluan yang disajikan sangat objektif. Dengan demikian hadirnya kecerdasan buatan tersebut dapat menunjang efektivitas gaya belajar siswa/i sehingga gaya belajar lebih kreatif dan inovatif
2. Dan pada paragraf (ke-2) baris ke 2-3, terkait dengan Evaluasi dalam berbahasa Inggris, hal ini juga relevan terkadang kita bisa berbahasa Inggris akan tetapi, belum bisa mengintegrasikan dengan teknologi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, hal ini juga sesuai dengan kondisi objektif yang tercantum di dalam artikel tersebut, tentunya kita sebagai pendidik perlu adanya integrasi teknologi dalam meningkatkan keterampilan gaya belajar siswa dan meningkatkan produktivitas, adanya penggunaan sumber daya yang efisien serta evaluasi yang menjadi barometer keberhasilan melalui kecerdasan buatan tersebut.
Menurut saya dalam pendahuluan artikel tersebut sangat relevan karena dari awal pendahuluan hingga paragraf akhir itu saling berkaitan tentang
ReplyDeletePembelajaran dan pengajaran yang telah diintegrasikan oleh teknologi yang mengukur alat dan platform yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa. Pendidik harus mengamati siswa berdasarkan gaya belajar siswa untuk menyesuaikan dengan gaya dan metodologi pembelajaran di kelas. Pendidik diizinkan untuk mengakomodasi teknologi dengan gaya belajar yang unik pada setiap siswa sekarang karena semua siswa memiliki gaya dan metode belajar yang berbeda.belajar siswa memiliki beberapa manfaat bagi siswa dan tentu saja bagi pendidik juga. Bagi siswa, mereka akan menyadari kelemahan dan keanehan mereka saat mereka belajar. untuk memudahkan belajar siswa dalam membuat rencana pelajaran dan memberikan materi di kelas. Selain itu, mereka juga mudah mengumpulkan informasi dan sumber daya pengajaran yang berbeda dalam melakukan penilaian di kelas.
Mumu Tri Meilina (221250011)
ReplyDeletePendahuluan dalam teks ini membahas bagaimana teknologi, terutama kecerdasan buatan (AI), telah diintegrasikan ke dalam pendidikan untuk mendukung proses pengajaran dan penilaian, terutama dalam pengajaran bahasa Inggris. Teknologi, seperti platform AI MagicSchool.ai, disebut sebagai alat penting yang dapat membantu pendidik dalam mengevaluasi kemampuan siswa secara lebih efisien dan akurat. Latar belakang dalam teks ini menunjukkan pentingnya mengidentifikasi gaya belajar siswa dan menyesuaikan pendekatan pendidikan berdasarkan gaya tersebut agar lebih efektif.
pendahuluan ini juga mengemukakan bahwa AI dapat membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas penilaian. Dengan memanfaatkan alat AI, pendidik dapat lebih mudah membuat penilaian yang sesuai dengan kebutuhan kelas, menghemat waktu, dan memastikan bahwa penilaian tersebut relevan serta memenuhi standar validitas dan reliabilitas.
Dalam pendahuluan artikel ini menjelaskan pentingnya tekonologi dalam gaya belajar siswa.
1)."Pembelajaran dan pengajaran telah diintegrasikan oleh teknologi yang mengukur alat dan platform yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa." (Bagian Paragraf 1 baris pertama)
2)."Pendidik harus mengamati siswa berdasarkan gaya belajar siswa untuk menyesuaikan dengan gaya dan metodologi pembelajaran di kelas." (Bagian paragraf 1 baris ke 2)
3)."Identifikasi gaya belajar siswa memiliki beberapa manfaat bagi siswa dan tentu saja bagi pendidik juga." (Bagian paragraf 1 baris ke 5)
Artikel ini membahas integrasi teknologi, khususnya Kecerdasan Buatan (AI), dalam pendidikan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Pendidik diharapkan mengidentifikasi gaya belajar siswa agar dapat menyesuaikan metode pengajaran. MagicSchool.ai diperkenalkan sebagai alat yang memudahkan pendidik dalam merancang dan melaksanakan penilaian, serta memberikan umpan balik yang personal. Kerangka kerja yang diadopsi dari Swiecki menyoroti tantangan yang dihadapi pendidik dalam penilaian, terutama dengan perubahan akibat penggunaan AI. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas MagicSchool.ai dalam membantu pendidik.
ReplyDeleteMagicSchool.ai dapat digunakan secara efektif dengan memanfaatkan fitur-fitur canggihnya, seperti "perencanaan pembelajaran" yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, "pembuatan rubrik penilaian", dan "umpan balik otomatis" untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dampak penggunaannya mencakup peningkatan efisiensi dalam pengajaran, pengurangan beban kerja guru, serta peningkatan keterlibatan dan prestasi siswa melalui pengalaman belajar yang lebih personal dan adaptif. Dengan demikian, MagicSchool.ai berkontribusi signifikan dalam meningkatkan penilaian dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletePada bagian pendahuluan, menjelaskan tentang pentingnya integrasi teknologi, khususnya Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), dalam proses pembelajaran dan pengajaran. dalam artikel ini juga dijelaskan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa dan membantu pendidik dalam menyesuaikan metodologi pengajaran. meskipun penilaian bahasa Inggris dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, penggunaan teknologi, termasuk AI, dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam melakukan penilaian.
ReplyDeleteDalam rumusan masalah dalam pendahuluan yang dibahas dalam artikel ini, terdapat dua pertanyaan penelitian utama yang menjadi fokus:
1. Bagaimana cara menggunakan MagicSchool.ai secara efektif untuk mendukung praktik pengajaran?
- Pertanyaan ini mengarah pada eksplorasi tentang bagaimana platform MagicSchool.ai dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam proses penilaian, serta bagaimana teknologi ini dapat diintegrasikan ke dalam metodologi pengajaran yang ada.
2. Apa saja efek penggunaan MagicSchool.ai dalam meningkatkan penilaian?
- Pertanyaan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan MagicSchool.ai terhadap proses penilaian, termasuk aspek-aspek seperti efisiensi waktu, energi, dan biaya dalam melakukan penilaian bahasa Inggris di konteks pembelajaran di Indonesia, khususnya dalam kerangka Kurikulum Merdeka.
Kedua pertanyaan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan tantangan yang dihadapi pendidik dalam menggunakan teknologi AI dalam penilaian, serta untuk memahami bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman belajar dan mengajar.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletePendahuluan
ReplyDeleteBagian pendahuluan artikel ini menjelaskan tentang peran penting teknologi, khususnya Kecerdasan Buatan (AI), dalam meningkatkan proses pembelajaran dan penilaian bahasa Inggris di kelas. Penulis menyoroti bahwa teknologi dapat membantu pendidik dalam mengumpulkan informasi dan menyesuaikan metode pengajaran dengan gaya belajar siswa yang berbeda. Penilaian dianggap sebagai komponen krusial untuk mengukur pemahaman siswa, dan penggunaan alat seperti MagicSchool.ai dapat mempermudah proses tersebut. Penulis juga mencatat bahwa meskipun penilaian bahasa Inggris dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, integrasi teknologi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penilaian.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam artikel ini terdiri dari dua pertanyaan penelitian utama:
1. Bagaimana cara menggunakan MagicSchool.ai secara efektif untuk mendukung praktik pengajaran?
- Pertanyaan ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara pendidik dapat memanfaatkan MagicSchool.ai dalam proses penilaian dan pengajaran.
2. Apa saja efek penggunaan MagicSchool.ai dalam meningkatkan penilaian?
- Pertanyaan ini berfokus pada dampak penggunaan MagicSchool.ai terhadap proses penilaian, termasuk efisiensi waktu, energi, dan biaya dalam penilaian bahasa Inggris di konteks pembelajaran di Indonesia, khususnya dalam kerangka Kurikulum Merdeka.
Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai dapat membantu pendidik dalam membuat dan melaksanakan penilaian, serta untuk memahami dampak dari penggunaan alat ini dalam konteks pendidikan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan yang dihadapi pendidik dalam menggunakan teknologi AI untuk penilaian, serta untuk memberikan wawasan tentang bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman belajar dan mengajar.
Pendahuluan dalam artikel ini mencakup beberapa poin utama berikut:
ReplyDelete1. Pengintegrasian Teknologi dalam Pendidikan:
Teknologi dimanfaatkan untuk mendukung gaya belajar siswa, dengan guru diharapkan memahami gaya belajar tersebut guna menyesuaikan metode serta sumber daya pembelajaran.
2. Manfaat Teknologi dalam Pendidikan:
Teknologi membantu siswa dan guru mengenali kekuatan dan kelemahan siswa, sekaligus mempermudah proses perancangan metode pembelajaran dan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan individu.
3. Peran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence):
AI digunakan sebagai alat inovatif untuk mengevaluasi dan menilai keterampilan, terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris. Contohnya, MagicSchool.ai memungkinkan guru menghemat waktu, tenaga, dan biaya dalam proses penilaian.
4. Tujuan Penelitian:
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penggunaan MagicSchool.ai dalam mendukung pengajaran serta dampaknya terhadap penilaian di kelas bahasa Inggris.
5. Pertanyaan Penelitian:
- Bagaimana MagicSchool.ai dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mendukung praktik pengajaran?
- Apa dampak penggunaan MagicSchool.ai terhadap peningkatan kualitas penilaian?
Pendahuluan
ReplyDeleteBagian pendahuluan artikel ini membahas integrasi teknologi, khususnya Kecerdasan Buatan (AI), dalam proses pembelajaran dan penilaian bahasa Inggris. Penulis menekankan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa, sehingga pendidik dapat menyesuaikan metode pengajaran mereka. Penilaian dianggap sebagai komponen penting untuk mengukur pemahaman siswa, dan penggunaan alat seperti MagicSchool.ai dapat mempermudah proses penilaian tersebut. Penulis juga mencatat bahwa meskipun penilaian bahasa Inggris dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, integrasi teknologi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penilaian.
Rumusan Masalah
Dalam artikel ini, terdapat dua pertanyaan penelitian utama yang menjadi fokus:
1. **Bagaimana cara menggunakan MagicSchool.ai secara efektif untuk mendukung praktik pengajaran?**
- Pertanyaan ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara pendidik dapat memanfaatkan MagicSchool.ai dalam proses penilaian dan pengajaran, serta bagaimana teknologi ini dapat diintegrasikan ke dalam metodologi pengajaran yang ada.
2. Apa saja efek penggunaan MagicSchool.ai dalam meningkatkan penilaian?*
3. - Pertanyaan ini berfokus pada dampak penggunaan MagicSchool.ai terhadap proses penilaian, termasuk efisiensi waktu, energi, dan biaya dalam melakukan penilaian bahasa Inggris di konteks pembelajaran di Indonesia, khususnya dalam kerangka Kurikulum Merdeka.
Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai dapat membantu pendidik dalam membuat dan melaksanakan penilaian, serta untuk memahami dampak dari penggunaan alat ini dalam konteks pendidikan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan yang dihadapi pendidik dalam menggunakan teknologi AI untuk penilaian, serta untuk memberikan wawasan tentang bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman belajar dan mengajar.
Kesimpulan
Secara keseluruhan, pendahuluan artikel ini menekankan pentingnya teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam penilaian bahasa Inggris. Rumusan masalah yang diajukan mengarahkan penelitian untuk mengeksplorasi penggunaan MagicSchool.ai dan dampaknya, sementara tujuan penelitian berfokus pada peningkatan praktik pengajaran dan penilaian melalui teknologi.
1. Teori Gaya Belajar (Learning Styles Theory) – Bernard et al. (2017)
ReplyDeleteArtikel ini mengacu pada pentingnya mengenali dan mengakomodasi gaya belajar individu siswa.
2. Teori Penilaian Formatif dan Sumatif – Douglas (2004)
Penilaian dalam pendidikan dibagi menjadi dua bentuk utama: formatif (untuk evaluasi selama proses pembelajaran) dan sumatif (untuk evaluasi akhir).
3. Teori Validitas dan Reliabilitas – Douglas (2004) dan Fulcher & Davidson (n.d.)
Konsep validitas (kesesuaian alat ukur dengan tujuan penilaian) dan reliabilitas (konsistensi hasil penilaian) diangkat dalam artikel sebagai kriteria penting dalam merancang penilaian yang efektif.
4. Teori Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran – Jong & Hua (2021)
Artikel menghubungkan penggunaan teknologi, termasuk kecerdasan buatan (AI), sebagai alat pendukung pembelajaran dan penilaian.
5. Konsep Pengajaran Berbasis Kecerdasan Buatan (AI in Education) – MagicSchool.ai
Artikel memperkenalkan MagicSchool.ai sebagai platform berbasis AI yang membantu guru dalam berbagai aspek pembelajaran, seperti merancang penilaian dan menghemat waktu.
Pembelajaran dan pengajaran telah terintegrasi dengan teknologi yang mengukur alat dan platform yang efektif untuk menghubungkan gaya belajar siswa. Pendidik harus mengamati gaya belajar siswa berdasarkan siswa untuk menyesuaikan dengan gaya dan metodologi pembelajaran di kelas. Pendidik diperbolehkan untuk mengakomodasi teknologi dengan gaya belajar yang unik pada setiap siswa sekarang karena semua siswa memiliki gaya dan metode belajar yang berbeda (Bernard et al., 2017). Mengidentifikasi gaya belajar siswa memiliki beberapa manfaat bagi siswa dan tentunya bagi pendidik juga. Bagi siswa, mereka akan menyadari kelemahan dan keanehan mereka saat mereka belajar. Bagi pendidik, mereka akan belajar bagaimana menerapkan metodologi di kelas berdasarkan gaya belajar siswa agar mudah dalam membuat RPP dan memberikan materi di kelas. Selain itu, mereka juga mudah mengumpulkan informasi dan sumber daya pengajaran yang berbeda dalam melakukan penilaian di kelas. Saat ini, penilaian bahasa Inggris dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah menggunakan integrasi teknologi/revolusi digital atau sebelumnya dikenal dengan Kecerdasan Buatan.
ReplyDeleteKecerdasan Buatan menjadi saksi munculnya alat dan teknologi inovatif dalam pendidikan, terutama dalam mengevaluasi dan menilai kemampuan bahasa Inggris. Kelas bahasa Inggris tidak boleh diabaikan dalam penilaian bahasa. Mengevaluasi dan menilai adalah persyaratan penting sebagai kegiatan pembelajaran standar di kelas (Saud & Arabia, n.d.). Selain itu, peningkatan keterampilan bahasa pada pembelajar bahasa telah ditunjukkan oleh penelitian yang tak terhitung jumlahnya dan pembelajaran dan pengajaran terpadu dapat dimanfaatkan secara efektif (Rabbi et al., 2024). Namun, evaluasi dan penilaian bahasa Inggris terkadang tidak dapat dilakukan dengan mudah dan memanggil pendidik untuk menggunakan Kecerdasan Buatan yang dapat menghemat waktu, energi, dan uang. Dalam Kecerdasan Buatan generatif, ada MagicSchool.ai memfasilitasi pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian semudah mungkin. Untuk mengatasi kesenjangan penelitian, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana MagicSchool.ai membantu pendidik untuk membuat dan melakukan penilaian.
Studi ini mengadopsi kerangka kerja yang diusulkan oleh Swiecki (Swiecki et al., 2022) yang mempromosikan kesulitan pendidik untuk merancang dan mengimplementasikan penilaian. Model ini dipilih karena penilaian telah sangat berubah karena penggunaan Kecerdasan Buatan secara besar-besaran (Richardson & Clesham, 2021).
Pendahuluan ini membahas peran teknologi, khususnya kecerdasan buatan (AI), dalam mendukung pembelajaran dan pengajaran, dengan fokus pada evaluasi dan penilaian dalam kelas bahasa Inggris. Dengan ini saya menganalisiskan beberapa point sebagai berikut :
1. Pendahuluan dimulai dengan menjelaskan pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa. Hal ini memberikan latar belakang yang relevan dan mencerminkan tren terkini dalam pendidikan.
2. Penekanan pada penggunaan AI, seperti MagicSchool.ai, dalam penilaian bahasa Inggris menunjukkan fokus pada solusi praktis untuk tantangan yang dihadapi pendidik. Ini juga mendukung inovasi di bidang pengajaran.
3. Pendahuluan mengidentifikasi tantangan dalam proses evaluasi bahasa Inggris, termasuk kebutuhan untuk efisiensi waktu, tenaga, dan sumber daya. Hal ini menciptakan landasan yang kuat untuk penelitian.
4. Dilengkapi dengan beberapa landasan teori mengenai kecerdasan buatan yang sangat berpengaruh dalam peningkatan kemampuan belajar bahasa seperti Bernard et al. (2017), Saud & Arabia (n.d.), dan Swiecki et al. (2022), pendahuluan menunjukkan bahwa argumen didasarkan pada literatur yang relevan.